PENTING! Selasa (11/8) Besok, Pelunasan PBB Serentak di Rumah Dukuh

Sumberjo | Jumat malam (7/8) berlangsung pertemuan rutin warga RT 02 Dusun Sumberjo. Sebagai tuan rumahnya adalah Tukirno, di mana rumahnya persis di Plelen, Sumberjo. Acara dimulai bakda isyak, sekitar jam 20.00 WIB, dan dihadiri oleh sekitar 40an orang warga.

Sebagai pembawa acara adalah Pak Udin. Dipimpin oleh Pak Udin, acara dibuka dengan doa, dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan Adnan Al Busyairi.

Dalam kultumnya, Adnan mengajak warga untuk mengindahkan anjuran pemerintah agar tetap tanggap terhadap adanya pandemi yang masih tetap mengancam kehidupan kita. "Saya mengajak mari kita semua tetap mengikuti protokol kesehatan pemerintah, seperti jaga jarak, memakai masker, sering cuci tangan, dsb," papar Adnan yang juga anggota BPD Karangmojo ini.

Dalam kultumnya lebih jauh, Adnan selanjutnya menyampaikan hak-hak anak yang mesti ditunaikan orangtua, tiga di antaranya: memberi nama yang baik, memberikan pendidikan yang baik, serta mencarikan jodoh yang baik jika sudah waktunya. Warga yang hadir mendengarkan dengan khusyuk sembari menikmati teh panas ditemani snack yang disuguhkan tuan rumah.

KKN UST
Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua RT, Anang Dwi Marwanto. Anang mengamini pernyataan Pak Adnan di awal, tentang keharusan kita semua warga Sumberjo untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan pemerintah.

Ketua RT juga menginformasikan ihwal rencana kegiatan KKN dari UST Yogyakarta di Dusun Sumberjo yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Untuk kegiatan KKN ini, kata Anang, bertema tanggap Covid-19. Jadi, nanti kegiatan mahasiswa utamanya fokus pada penyuluhan dan edukasi masyarakat untuk tanggap darurat Covid-19. "Dimohon nanti segenap warga untuk memfasilitasi kegiatan KKN tersebut," kata Anang.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Dukuh Sumberjo, Setyoamar Rosidi. Lagi-lagi, Amar menggarisbawahi pentingnya kedisiplinan masyarakat mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. "Ini karena sampai hari ini kita masih dalam suasana tanggap darurat. Sejauh ini, Pemprov DIY memperpanjang masa tanggap darurat sampai 31 Agustus 2020," tegas Dukuh.

Pembayaran PBB Serentak 
Amar juga menginformasikan bahwa akan diadakan kegiatan pembayaran (pelunasan) PBB secara serentak di Dusun Sumberjo pada Selasa (11/8) besok, bertempat di rumah Dukuh. Maka dari itu, Di mohon warga hadir pada acara tersebut dan hal-hal yang terkait PBB, apa pun permasalahannya, bisa ditanyakan kepada petugas pada kegiatan tersebut. "Tentang surat SPT dan undangan bagi wajib pajak untuk acara tersebut, nanti menyusul," kata Amar.

Iuran Wajib Rp 10.000,00
Dalam pertemuan bulanan RT yang rutin diadakan tiap tanggal 7 itu juga disepakati beberapa kesimpulan, diantaranya bahwa per Januari 2021 nanti iuran sosial bulanan (jimpitan) dipatok Rp 10.000,00 (sepuluh ribu), yang sifatnya wajib bagi semua warga, baik bagi yang ikut arisan ataupun tidak. Alasan dinaikkannya besaran iuran, karena mempertimbangkan keadaan keuangan RT yang menipis, khususnya kas yang untuk kegiatan sosial (bezuk orang sakit, santunan sripah, kegiatan karangtaruna, iuran-iuran dusun, dll). Keputusan kenaikan iuran ini disepakati oleh sebagian besar warga yang hadir melalui voting acungkan jari yang dipimpin oleh Ketua RT.

Disepakati pula, setelah dikocok (diundi), bahwa sebagai tuan rumah acara arisan bulan depan (September) adalah di rumah Pamungkas. Acara selesai dan pembawa acara menutupnya dengan memimpin doa bersama-sama. Sejenak kemudian, para warga pamitan kepada sahibul bait, Tukirno, untuk pulang ke rumah masing-masing. Sampai jumpa lagi di pertemuan RT bulan depan.(*) [@alice] 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Kami

PERKENALKAN! Roti Kukus Karya Bu RT

Pengajian Maulid Nabi, Ustaz Sholihin Ajak Jemaah Teladani Akhlak Rasul SAW