Masjid Al-Amin Sebar 31 Paket ZIS

Sumberjo | Dalam rangka menunaikan rukun Islam yang ke 3, yakni zakat, jemaah Masjid Al-Amin Plelen, Sumberjo kembali mendistribusikan paket zakat mal, infak, sedekah (ZIS), dan fidyah kepada para mustahik warga Sumberjo dan sekitarnya.

Paket ZIS kali ini sebanyak 31 bungkus beras seberat @5 kg, ditasarufkan kepada 31 orang mustahik, dengan perincian 27 warga Sumberjo, 3 warga Karangmojo, dan 1 warga Jlantir, Gedangrejo.

Selain itu, para mustahik pun merata dari tiga komunitas, yakni dari komunitas jemaah Masjid Al-Amin Plelen (zona selatan), jemaah Masjid Taqwa Sumberjo (zona tengah), serta jemaah Masjid Hidayatullah Sumberjo (zona utara).

Menurut ketua takmir Masjid Al-Amin Plelen, Sabrur Rohim, sasaran warga penerima (mustahik) kali ini adalah mereka yang sama sekali tidak atau belum tersentuh bantuan/subsidi apa pun dari instansi/lembaga baik pemerintah maupun swasta setelah berembug dengan petugas PKH, Anang Dwi Marwanto dan anggota BPD, Adnan Al Busyairi, SPdI.

"Memang ada beberapa warga yang sebelumnya menerima, dan sekarang tidak. Atau sebaliknya, kemarin tidak menerima, sekarang menerima. Pertimbangannya adalah adanya subsidi/bantuan sosial dari pemerintah yang baru saja diberikan kepada sebagian warga, dalam rangka mengantisipasi dampak pandemi Covid-19. Nah, yang baru saja menerima bansos, kali ini tidak menerima ZIS," kata Pak Anang yang juga Ketua RT 02 Sumberjo.

"Ini kita lakukan, tujuannya agar ada pemerataan sehingga tidak terjadi kecemburuan di masyarakat," kata Pak Amat, salah satu pengurus takmir, mengamini.

31 paket ZIS tersebut diantar dari rumah ke rumah pada Sabtu (4/7) sore oleh dua orang anggota Rematas (Remaja Masjid Taqwa) yang juga jemaah pengajian dan arisan rutin Masjid Al-Amin, yakni Isa dan Gaisan, dibantu oleh salah dua jemaah lain, yakni Mbah Tukirno dan Bu Umi.

Beras ZIS-nya sendiri sebagian besar juga dibeli dari hasil panen Mbah Tukirno. Jadi, kegiatan tasaruf zakat ini selain wujud pelaksanaan kewajiban agama juga ikut membantu perekonomian jemaah yang memiliki hasil pertanian (padi).

Salah seorang penerima yang merupakan jemaah Masjid Hidayatullah mengucapkan terimakasih atas bantuan zakat dari jemaah Masjid Al-Amin Plelen dan berharap ini bisa menjadi sarana silaturahmi dan ukhuwah antar warga.

"Saya mewakili jemaah juga mengucapkan terimakasih kepada para muzakki, donatur, dalam kegiatan ini. Semoga amal ibadahnya dicatat di sisi Allah, diberi rezeki dan umur yang berkah, kesehatan dan keselamatan di mana pun berada. Amin," pungkas Mbah Dawam, salah satu pengurus Takmir Masjid Al-Amin Sumberjo.(*) [umip]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Kami

PERKENALKAN! Roti Kukus Karya Bu RT

Pengajian Maulid Nabi, Ustaz Sholihin Ajak Jemaah Teladani Akhlak Rasul SAW