Sambut Idul Fitri di Masa Pandemi, Masjid Al-Amin Plelen Tasarufkan ZIS ke 44 Mustahik

Sumberjo | Dalam beberapa bulan terakhir, pengurus takmir Masjid Al-Amin Plelen, Sumberjo, Karangmojo selalu mentasarufkan zakat mal, infak, dan sedekah (ZIS) di awal bulan. Tetapi, untuk kegiatan penyaluran ZIS Juni 2020, yang harusnya dilaksanakan di awal bulan, dimajukan di akhir Mei, yakni hari ini, Kamis (21/5). Jadi, dengan kata lain, dalam kurun Mei 2020 ini ada dua kali pentasarufan zakat, infak, dan sedekah, yakni awal dan akhir bulan.

Kenapa dimajukan, tidak lain tujuannya adalah agar paket zakat itu bisa segera digunakan oleh para mustahik (penerima zakat) untuk persiapan lebaran atau Idul Fitri 1441 H yang insya Allah jatuh pada Ahad (24/5) besok. Apalagi di masa pandemi corona atau Covid-19 ini, banyak sekali warga masyarakat yang terdampak yang berakibat pada hilangnya pekerjaan, menurunnya pendapatan, sementara di sisi lain kebutuhan menjelang lebaran justru makin meningkat. Jadi, dalam suasana seperti ini, bantuan atau sumbangan dalam wujud apa pun dan seberapa pun sangat berarti dan dibutuhkan.

Alhamdulillah, PHBI Takmir Masjid Al-Amin menerima amanah zakat mal total sebesar Rp 1.300.000,00 (satu juta tiga ratus ribu rupiah)  dari jemaah Plelen sendiri, serta 100 kg beras yang merupakan amanah dari salah satu dermawan, hamba Allah, dari Yogyakarta.

Sementara itu, untuk zakat fitrah dalam bentuk uang, dari jemaah terkumpul Rp 538.000,00 (lima ratus tiga puluh delapan ribu rupiah), adapun zakat fitrah dalam bentuk beras terkumpul sebanyak 48 kg (empat puluh delapan kilogram). Sedangkan untuk sedekah dan infak dari jemaah Plelen berhasil terkumpul uang sebanyak Rp 361.000,00 (tiga ratus enam puluh satu ribu rupiah).

Dari dana zakat mal, zakat fitrah, serta infak sedekah yang terkumpul kemudian dibelanjakan untuk membeli tambahan beras serta beberapa macam bahan makanan pokok. Setelah beras dan aneka bahan kebutuhan pokok itu dikumpulkan, kemudian dibagi sesuai jumlah warga yang akan menjadi sasaran (mustahik).

Sebelumnya ada koordinasi antara pihak takmir dengan aparat dusun, dalam hal ini Anang Dwi Marwanto, SPd, selaku Ketua RT 02 yang juga sekaligus pendamping PKH Kecamatan Karangmojo, disepakati sebanyak 44 sasaran zakat (mustahik). Dari 44 warga tersebut, 26 di antaranya adalah warga/KK yang selama ini tidak tersentuh program subsidi/bantuan sosial dari pemerintah.

Untuk 26 warga ini, Takmir Masjid Al-Amin memberikan paket ZIS berupa 5kg beras premium, 1/2 liter minyak, satu botol syrup, 1/4 keripik jagung Tortilla produk PP Al-Hikmah, 1/4 cemilan kuping gajah produk rumahan Ny Tuni Marlina, 3 sachet energen, serta 3 bungkus mie instan.

Selebihnya, 18 warga/KK adalah mereka yang tersasar oleh program subsidi/bansos pemerintah, tetapi kondisi perekonomian keluarganya masih terbilang kurang. Untuk 18 warga/KK ini, Takmir Masjid Al-Amin memberikan paket ZIS berupa 2.75 kg beras premium, 1/2 liter minyak, satu botol syrup, 1/4 keripik jagung Tortilla produk PP Al-Hikmah, 1/4 cemilan kuping gajah produk rumahan Ny Tuni Marlina, 3 sachet energen, serta 3 bungkus mie instan.

Dari 44 mustahik tersebut, 5 orang dari Dusun Karangmojo, 1 orang dari Jlantir, dan 38 orang adalah warga Sumberjo, Karangmojo.

"Paket ZIS dari Masjid Al-Amin Plelen ini Pertama, untuk membantu masyarakat memengah ke bawah yang terdampak Covid-19, kedua, untuk membantu usaha kecil menengah yang digeluti oleh warga. Di paket itu ada dua produk olahan yang merupakan usaha ekonomi produktif warga, yakni keripik jagung produk Hikmah Snack PP Al-Hikmah dan cemilan kuping gajah produk Bu Lilin," kata Pak Sabrur, pengurus Takmir Masjid Al-Amin Plelen.
punya dua tujuan.


"Ini sekaligus saya promosi, monggo bagi yang berminat membeli keripik jagung bisa menghubungi Hikmah Snack PP Al-Hikmah, dan bagi yang ingin menikmati enaknya cemilan kuping gajah bisa datang langsung ke Bu Lilin lor lapangan Sumberjo," tambah Pak Sabrur.

Distribusi paket ZIS ini bentuknya adalah datang langsung door to door ke rumah sasaran, dan paket ZIS disampaikan langsung kepada yang bersangkutan, lalu saat penyerahannya difoto sebagai bukti. Tim distribusi dibagi menjadi 4, yakni tim 1 terdiri dari Fai dan Fadel, tim 2 terdiri atas Isa dan Gaisan, tim 3 terdiri atas Alisna, Feqta, dan Rifdah, sedangkan tim 4 terdiri atas Bu Ning (Bu RT 02) dan Bu Umi. 

"Semoga dengan dilibatkan dalam kegiatan distribusi ZIS, anak-anak akan terlatih untuk senang berbagi kepada sesama," kata salah satu pengurus takmir, Akhmad Subekti.(@pai)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Kami

PERKENALKAN! Roti Kukus Karya Bu RT

Pengajian Maulid Nabi, Ustaz Sholihin Ajak Jemaah Teladani Akhlak Rasul SAW