Antisipasi Dampak Corona, Jemaah Masjid Al-Amin Sebar 29 Paket Zakat Mal untuk KK Miskin Sumberjo

Sumberjo | Dampak merebaknya wabah corona cukup terasa di masyarakat bawah, termasuk warga kelas menengah ke bawah di Dusun Sumberjo. Kantor-kantor libur, pasar lesu, penggunaan jasa dan barang menyusut, dll, hal mana ini semua menyebabkan roda perekonomian agak seret. Beberapa warga Sumberjo yang selama ini biasa buka lapak dagangan di pasar, misalnya, menyatakan bahwa belakangan ini omsetnya menurun, karena pasar sepi, pengunjung berkurang banyak, dan pasar tutup lebih awal dari biasanya (sebelum merebaknya wabah corona).

Menurut Ketua RT 02 Dusun Sumberjo, Anang Dwi Marwanto, SPd, bagi warga miskin Sumberjo yang mendapat bantuan pemerintah, seperti melalui program keluarga harapan (PKH), tentu mereka masih merasa sedikit lega meski di tengah kondisi krisis seperti sekarang.

"Karena, sekaitan dengan merebaknya wabah corona yang kemudian diteruskan anjuran pemerintah agar mengurangi kegiatan di luar dan lebih banyak di rumah (work from home), di sisi lain pemerintah juga menggelontorkan bantuan seperti beras, subsidi listrik, biaya pendidikan anak sekolah, dan sebagainya, kepada warga-warga penerima PKH," kata Pak Anang, panggilan akrabnya.

Tetapi, masalahnya, lanjut Pak Anang, ada juga beberapa warga miskin Sumberjo yang belum atau tidak mendapatkan bantuan apa pun dari pemerintah (khususnya PKH), disebabkan terkendala oleh persyaratan administratif (misalnya, karena sebagai KK tunggal). Mereka ini tentu perlu mendapat perhatian, karena pada kenyataannya mereka memang cukup berat mencukupi kebutuhan sehari-hari di saat seperti ini.

Untuk ikut sedikit membantu, jemaah Masjid Al-Amin Plelen, Sumberjo, melalui badan amil zakatnya, menyalurkan zakat mal kepada warga yang terdampak merebaknya wabah corona itu, Ahad (5/3) sore. Menurut Ketua Takmir, Sabrur Rohim, SAg, hasil dari koordinasi dengan Ketua RT 02, akhirnya telah disepakati ada 24 KK Dusun Sumberjo dari RT 01 dan RT 02, 4 KK dari Dusun Karangmojo, dan 1 KK dari Dusun Jlantir yang menjadi mustahik.

"Prioritasnya adalah KK yang tidak mendapat bantuan dana/subsidi pemerintah, serta beberapa orang dari unsur lain yang memang dilihat layak mendapat bantuan. Alhamdulillah, paket zakat tersebut sudah sampai ke tangan warga tersasar. Kami berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut di waktu-waktu mendatang. Bagi warga Sumberjo di mana pun, para pembaca lemahsangar.blogspot.com, yang ingin ikut berkontribusi dalam kegiatan ini bisa menghubungi Takmir," kata Sabrur.

"Saya mewakili warga sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan sosial seperti ini, semoga dapat sedikit membantu mencukupi kebutuhan warga yang jadi sasaran," kata Anang.

Salah satu warga yang menerima zakat, Mbah Sari, menyatakan terimakasih dengan adanya bantuan tersebut dan berdoa kiranya para muzakki (pemberi zakat) selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT.(*) [alice]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Kami

PERKENALKAN! Roti Kukus Karya Bu RT

Pengajian Maulid Nabi, Ustaz Sholihin Ajak Jemaah Teladani Akhlak Rasul SAW